ClockWorkMod Recovery (CWM)

Buat yg belum tau, CWM adalah recovery konsol/mode (HOME + POWER) yang udah di kustomisasi dengan tambhan2 fungsi seperti recovery, backup/restore, instalasi dll yang belum ada di recovery konsol/mode bawaan android.


Secara umum, fungsi yang paling bnyak digunakan adalah backup dan restore.
- Backup/Nandroid backup
Membackup system hape, internal memori dan termasuk seluruh partisi dan menyimpannya ke dlm sdcard. Hasil backupan berupa folder dgn nama (tnpa spasi) sesuai tgl-bln-thn (saya lupa pastinya karena biasanya langsung saya rename) kita melakukan backup. Misalnya, saat ini kita make ROM "ABC". Ada 100 apps yang terinstal dan memakai link2sd. Trus kita backup dgn CWM. Sewaktu kita me-restore hasilnya adalah persis sama sprti saat kita membackup nya (ROM "ABC", ada 100 apps dan link2sd yg berfungsi dgn baik). Ini sangat bermanfaat banget klo kta gemar mencicipi firmware yg berbeda2 dan ktika tiba2 pgin balik ke ROM tertntu kita tinggal lakukan restore menggunakan CWM tnpa hrus flash ulang dan instal bejibun apps lagi. Dengan demikian kita bisa memiliki banyak versi sesuai kehendak hati.

- Restore

Fungsinya jelas sperti namanya, mengembalikan kondisi hape sesuai kondisi sebelumnya yg kita mau. Klo kita punya bnyak backupan dgn versi rom yg beda2, app beda2, ada yg a2sd, ada yg link2sd dll, dan pgin balik ke rom tertentu. kita tinggal masukin tu folder backupan ke sdcard dan restore hanya dalam hitungan 4-10 menit. Proses restore juga ada 2 pilihan: semua ato hanya bagian2 terntentu yg mau kita restore (boot, system, data, cache, sd-ext). Utk yg ini saya blum tau bedanya karena belum pernah nyoba. Soalnya klo restore saya milih yang opsi restore smua.

Cara Menginstall CWM :
- Download dulu filenya di http://cdn.thegraveyard.org/particle/gt-s5660/gt-s5660-cwm-recovery-20111007-1-signed.zip.
- Reboot ke recovery Samsung Galaxy Gio kamu dengan cara menekan tombol HOME + POWER.
- install lewat recovery.

Comments :

0 comments to “ClockWorkMod Recovery (CWM)”

Posting Komentar